,

,
Latest News
Senin, 17 Oktober 2016

Sulitnya Perkenalkan Permainan Tradisional Pada Anak Sekarang



 

Ada berbagai macam cara untuk memperkenalkan budaya pada anak, termasuk melalui permainan. Namun, invasi teknologi yang makin canggih membuatkan permainan tradisional semakin tergerus seiring berjalannya waktu.


"Memang tantangan orangtua masa kini adalah bagaimana cara mengkinikan bentuk-bentuk permainan tradisional, sehingga bisa menarik minat generasi sekarang," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Kabupaten Mimika Yosep Deikme S,Pd dalam ruang kerjanya, Selasa 13/10/.
Ia menjelaskan, kebanyakan ibu dan anak memiliki selisih usia sekitar dua dekade, dimana jarak tersebut memberikan esensi yang berbeda dalam hal penceritaan, orangtua terkadang lebih fokus pada kenangan masa kecil ketimbang permainan itu sendiri.



"Saat memperkenalkan budaya pada anak, orangtua malah menceritakan pengalamannya saat kecil, itu terkadang justru membuat anak bosan. Cobalah untuk mengajarkan permainannya dulu, baru bercerita tentang bagaimana pengalaman bermain pas kecil," saran Yosep.


Namun, tak sedikit orangtua yang juga tidak memperkenalkan permaianan tradisional pada anak. Menurutnya, ada berbagai faktor alasan yang tak bisa digeneralisasikan sebagai ketidakinginan orangtua untuk membuat anak mengenal budaya.


"Bisa jadi memang menurutnya permainan itu terlalu susah atau memang dia sendiri tak pernah diajarkan permainan tradisional jadi tidak mengerti juga," katanya.


Yosep menambahkan, untuk bisa tetap membuat anak mengenal permainan tradisional, diperlukan modifikasi baik dalam hal fasilitas. "Misalnya dulu kalau main dakon pakai papan, sekarang bisa pakai plastik," Yosep memberi contoh. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sulitnya Perkenalkan Permainan Tradisional Pada Anak Sekarang Rating: 5 Reviewed By: Unknown