,

,
Latest News
Sabtu, 22 Oktober 2016

Masyarakat Mimika Memfasilitasi Pasar Swadaya Gorong-gorong Lemasko Timika Papua Sebagai Tempat KIM



KIM berasal dari daerah Pariaman yang mana daerah ini terdapat di sepanjang pesisir pantai Sumatra Barat. Kemudian permainan ini berkembang sampai ke daerah darat hingga sampai sekarang sudah termasuk lagi di Papua umumnya dan Timika lebih khususnya.


Permainan Kim menggunakan selembar kertas yang berwarna biru, kuning, putih dan merah muda. Kertas ini sudah berisi dengan nomor acak mulai dari angka 1 sampai angka 90. Dalam menjalankan aktivitas tersebut adalah sambil  bermain, penyanyi mendendangkan lagu-lagu berpantun yang akan di lantunkan dalam permainan.


Saat main Kim, setiap peserta diberi kartu yang berisi garis berbentuk kotak-kotak sebanyak 9 kolom x 6 baris atau kombinasi lainnya sesuai penyelenggara. Kotak-kotak tersebut ada yang berisi angka dan ada yang kosong. Cara mainnya adalah dengan mencocokkan angka yang terdapat di kartu dengan angka yang disebut oleh penyanyi Kim atau angka yang tertera di papan. Angka-angka tersebut didapat dari hasil kocokan batu-batu yang ada angkanya dalam kaleng.


Para peserta harus mencoret, lingkar, atau ceklis, pada nomor yang di sebutkan oleh sang penyanyi dan lansung mencoret di kertas masing-masing pemain. Jika ada peserta yang mendapatkan 5  angka yang di coret dalam satu baris, maka dialah sang pemenangnya (pemenang bisa lebih dari satu orang).


Di bawah ini adalah gambar kertas hasil coretan yang menang dalam satu putaran, hadiahnya berupa uang sebesar Rp 500.000 (dua kali putaran) dan Rp 1.000.000,-  (satu kali sebagai penutup).


Dilihat dari teknis permainannya bahwa permainan ini sangat menghancurkan harta kekayaan yang dimiliki oleh masyarakat yang mana sering bergabung dalam permainan ini, Sebab melalui permainan ini banyak yang mengakibatkan pengeluarannya semakin meningkat dan sangat lincah juga dalam hal pengeluaran uangnya.


Justrunya dengan mengakibatkan penghancuran harta kekayaan milik rakyat disini, Maka melalui dinas perindustrian, perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Mimika tolong ambil tindakan untuk menutupi tempat KIM yang mana selama ini menfasilitasi di Pasar Swadaya Gorong-gorong Lemasko Timika Papua.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Masyarakat Mimika Memfasilitasi Pasar Swadaya Gorong-gorong Lemasko Timika Papua Sebagai Tempat KIM Rating: 5 Reviewed By: Unknown