,

,
Latest News
Sabtu, 04 Februari 2017

Bupati Yahukimo Buka Forum Bakar Batu dan Sudah di Bahas Dalam Musrenbag 2017








Bupati Yahukimo Abock Bosud, MA membuka "Forum Bakar Batu" dan telah membahas dalam Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbag) 2017 Kabupaten Yahukimo, Hal ini disampaikan melalui Dialog Papua pada malam selasa 31/1 pukul 09:26 WIT.

“Kegiatan ini kami ambil karena anggaran dana desa tahun 2016 dengan nilai 650 Milyar di 513 desa/kampung dan 13 distrik dibagikan tanpa adanya kegiatan, makanya kami ambil kegiatan ini guna mengalokasikan dana ADD 2017 sesuai dengan hasil kesepakatan antara Bupati Yahukimo, Anggota Dewan, Plt. Sekda, dan Kadis PU Kabupaten Yahukimo, katanya”.

Bupati Yahukimo dalam Dialog mengatakan, Karena begitu hilangnya Kebudayaan sebagai Jati diri Orang Papua, namun kami sebagai Pemimpin Daerah mau merehabilitasikan budaya - budaya Papua yang kini mulai menghilang diantara Rakyat dan Pemerintah Papua.

Tambahnya, Kami buka Forum ini karena masyarakat pegunungan Papua lebih suka dan kehadirannya cukup luar biasa dalam menjalankan kegiatan tersebut, makanya kami ambil sesuai dengan kemauan rakyat untuk bagaimana menciptakan pendekatan antara Pemerintah dan rakyat kabupaten Yahukimo.

Salah satu anggota dewan kabupaten Yahukimo Esau Miram, Kami sengaja buka Forum itu supaya kebudayaan sebagai Jati diri orang papua dapat diperkembangkan lagi oleh masyarakat adat papua yang lebih khususnya Kabupaten Yahukimo, daripada begitu melupakan budaya kami sebagaimana adat istiadat orang Papua yang tepatnya daerah pegunungan papua, katanya.

Lanjutnya, Kami sudah ambil kesimpulan antara Pemerintah daerah dan anggota dewan Yahukimo dan juga sudah dibahas dalam Musrenbag 2017, tetapi dana yang akan di kelola adalah anggaran dana desa (ADD) yang akan dicairkan pada tahun 2017 nanti bukan dari APBD.

Kepala dinas PU Kabupaten Yahukimo Yakober Mendila mengatakan dalam Dialog tersebut adalah Benar kami sudah sepakati karena seketika kami masuk (proyek) ke lokasi baru untuk mau membuka jalan baru atau bentuk bangunan lain, masyarakat selalu di tuntut dan menghalangi kami untuk meminta uang doa dengan tujuan mau mengadakan kegiatan bakar batu, katanya.

Lanjut PU, Selain dari itu agar masyarakat dapat di ingat kembali tentang adat istiadat mereka, salah satunya adalah Bakar Batu daripada semua budayanya lari dari masyarakat. Saya sangat senang dan salut buat Bupati Yahukimo yang begitu mengetujui Forum Bakar Batu tersebut.

Plt. Sekda Kabupaten Yahukimo Sadrak Kariosai dalam Dialog Papua, Forum Bakar Batu ini kami akan membangun dan menjalankan kontrol melalui Tim ke setiap desa/kampung, agar dana yang akan dikelola dapat berjalan dengan baik dan tak dapat di hilangkan dari kepala desa/kampung, katanya.

Dana ADD di setiap kampung mohon di pakai dan diawasi sesuai dengan aturan UUD yang telah ditetapkan serta dapat di hindari dari korupsi, baik itu dari pemda maupun dari kepala desa, namun kita ambil forum ini adalah demi kebudayaan sebagai Jati diri orang Papua yang lebih khususnya masyarakat Kabupaten Yahukimo, (Mardy)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Yahukimo Buka Forum Bakar Batu dan Sudah di Bahas Dalam Musrenbag 2017 Rating: 5 Reviewed By: Unknown