,

,
Latest News
Selasa, 21 Maret 2017

Sejumlah Organisasi Beribut di Jakarta Lawan Freepot Tapi Ingat Papua Bukan Indonesia



Sejumlah organisasi pemuda dan mahasiswa di Jakarta mendirikan Posko untuk menghadapi tekanan PT Freeport Indonesia (PTFI) Timika Papua, Minggu 19/3.

Organisasi-organisasi yang bergerak di jakarta hari ini minggu 19 maret 2017 untuk lawan freeport antara lain, (1) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), (2) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), (3) Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND), (4) Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia (Hikmahbudhi), (5) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), (6) Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN), (7) Komite Rakyat Nasional (KORNAS), dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI).

Namun, Praktik bisnis yang dijalankan oleh Freeport sangat merugikan bagi Papua dari Indonesia dan Amerika. Sedangkan Keuntungan yang diberikan Freeport sangatlah kecil bagi hak ulayat tanah atau masyarakat suku Amungme dan Kamoro.

Untuk komentar kata-kata dari penulis sebagaimana maksud diatas dalam gabungan beberapa organisasi yang sedang bangun Posko di Jakarta malam ini adalah beberapa poin.

Berikut beberapa poin dalam komentarku, (1) Indonesia harus mengakui kalau papua bukan Indonesia. (2) Indonesia harus bertanggung jawab atas pelanggaran HAM yang ada di Papua. (3) Indonesia tak punya hak menggembar-gemborkan isu nasionalisasi karena Freeport bukan berada di Indonesia. (4) Nasionalisasi bukan untuk rakyat dan bangsa West Papua melainkan nasionalisasi untuk elit Cendana dan bekas purnawiranan serta kepentingan elit politik Borjuis. (5) Kalau mampu Indonesia harus di pertanggungjawabkan kerugian 50 tahun lamanya.

Kalau Indonesia tak mampu ini jalan keluarnya bagi masyarakat adat Independensi, Tutup Freeport yang ada di Papua dan berikan hak Penentuan nasib sendiri bagi bangsa West Papua sebagai solusi demokratis, (Mardy)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sejumlah Organisasi Beribut di Jakarta Lawan Freepot Tapi Ingat Papua Bukan Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Unknown